Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 02:36 WIB

Mabes TNI Beri Bantuan Hukum untuk Kivlan Zen

Selasa, 23 Juli 2019 | 05:05 WIB
Mabes TNI Beri Bantuan Hukum untuk Kivlan Zen
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mabes TNI memberikan bantuan hukum kepada Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen dalam kasus kepemilikan senjata api dan dugaan makar. Hal itu dilakukan setelah tim kuasa hukum Kivlan melayangkan surat kepada Panglima TNi Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Isi dari surat tersebut mengajukan dua permohonan yaitu permohonan penjaminan penangguhan penahanan dan permohonan bantuan hukum bagi Kivlan Zen," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi, melalui keterangan tertulis, Senin (22/7/2019).

Namun untuk penangguhan penahanan tidak diberikan oleh TNI. Bantuan kepada Kivlan hanya bersifat pendampingan. Bantuan hukum tersebut merupakan hak bagi semua anggota keluarga besar TNI, termasuk purnawirawan.

Hal itu diatur dalam Petunjuk Teknis tentang Bantuan Hukum Pidana yang diatur dalam Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1447/XII/2018.

"Artinya, bantuan hukum kepada Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen tidak hanya pada saat praperadilan saja, namun juga selama proses hukum berlangsung sampai adanya keputusan hukum yang bersifat tetap," ujar Sisriadi.

Pemberian pendampingan hukum itu dilakukan setelah Mabes TNI berkoordinasi dengan Menteri-menteri di bidang politik, hukum, dan keamanan.

Sebelumnya, selain kepada Panglima TNI tm kuasa hukum Kivlan Zen, juga mengirim surat permohonan perlindungan ke Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Pangkostrad, Kepala Staf Kostrad, dan Danjen Kopassus. [fad]

Komentar

x