Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 01:19 WIB

Warga Mengungsi Akibat Kelompok Bersenjata

Mensos Pastikan Bantuan Tahap II Rampung Pekan Ini

Senin, 22 Juli 2019 | 11:56 WIB
Mensos Pastikan Bantuan Tahap II Rampung Pekan Ini
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan seluruh bantuan tahap II selesai untuk Wamena, Papua akan terkirimkan pekan ini.

Ia mengatakan telah menerima laporan dari tim Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial yang menyatakan seluruh bantuan tahap II akan diterbangkan ke Kabupaten Wamena, pekan ini.

Mensos menegaskan, pengiriman bantuan itu didapat setelah tim PSKBS melakukan koordinasi dengan aparat keamanan, Dinas Provinsi Papua dan Dinas Kabupaten Wamena.

"Selanjutnya tugas Dinas Kabupaten Wamena mendistribusikannya. Penanganan pengungsi korban konflik Kabupaten Nduga harus melibatkan semua unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah dan TNI/Polri," ujarnya, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Pemerintah, lanjutnya, dalam menangani pengungsi tersebut sangat berhati-hati karena sangat berbeda dengan penanganan pengungsi korban bencana alam.

"Dengan kerja sama semua unsur maka masalah yang dihadapi pengungsi dapat terselesaikan," pungkas menteri yang merupakan politikus Golkar ini.

Diketahui, lebih dari 2.000 warga mengungsi konflik akibat kontak senjata antara aparat TNI Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egainus Kogoya di Distrik Yal Kabupaten Nduga.

Warga mengungsi pada 26 Februari 2019 menyebabkan warga di Distrik Mbua, Yal, Yigi, Mapenduma, Nikuri, dan Mbulmu Yalma mengungsi.

Diperkirakan sekitar 2.000 warga mengungsi yang tersebar di Distrik Mbua, Distrik Yal, Distrik Mbulmu Yalma Kabupaten Nduga dan kabupaten Wamena.

Jumlah pengungsi pelajar SD, SMP, SMA sebanyak kurang lebih 600 orang yang terdata di Distrik Mbua, Distrik Yal, Distrik Mbulmu Yalma Kabupaten Nduga sedangkan di Kabupaten Wamena belum diketahui secara pasti karena kondisi pengungsi berada di keluarga atau suku masing-masing.

Komentar

x