Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 01:23 WIB

Khofifah Beri Bantuan Tangan Palsu ke OGDJ Kediri

Senin, 22 Juli 2019 | 12:19 WIB
Khofifah Beri Bantuan Tangan Palsu ke OGDJ Kediri
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Kediri - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno memberikan tangan palsu kepada Wiji Fitriani, Senin (22/7/2019).

Wiji merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang sempat viral di media sosial karena menggigit jari-jari tangannya sendiri hingga nyaris putus.

Pemberian bantuan tangan palsu atau biasa disebut protesa untuk Widji Fitriani yang memiliki kebiasaan menggigiti anggota tubuhnya itu, diserahkan langsung oleh Khofifah di rumahnya yang terletak di Dusun Tambak Desa Ngadi, Kecamatan Mojo.

Khofifah menuturkan, sejak menerima informasi dari media beberapa waktu lalu terkait Fitri, pihaknya langsung bertindak cepat.

Hal itu di antaranya dengan meminta Dinkes dan Dinsos Jatim untuk melakukan penjangkauan serta koordinasi dengan Dinkes dan Dinsos Kabupaten Kediri untuk penanganan lebih jauh.

"Lewat informasi media beberapa waktu lalu saya langsung meminta kepada Kadinkes dan Kadinsos untuk melakukan pengecekan, dan koordinasi dengan Pemkab Kediri, untuk diambil keputusan penanganan lanjut, antara lain untuk diberikan psikososial terapi dan tindakan lainnya," jelasnya.

Lebih jauh, psikososial terapi kepada Fitri dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya. Bahkan, Khofifah menyempatkan diri untuk menjenguk Fitri saat dirawat di RSJ Menur Surabaya.

Selain itu, terdapat juga tindakan yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Haji Surabaya dan Rumah Sakit Dr. Soetomo.

"Jadi sebetulnya penanganan Fitri berada pada rumah sakit yang terintegrasi di dalam koordinasi Pemprov Jatim," tandasnya. [berita jatim]

Komentar

x