Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 02:30 WIB

Fahri Sarankan Oposisi Bangun Mazhab Berpikir

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 21 Juli 2019 | 03:14 WIB
Fahri Sarankan Oposisi Bangun Mazhab Berpikir
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyarankan bagi partai politik yang menjadi oposisi terhadap Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) pada periode 2019-2024 harus membangun mazhab berpikir yang serius.

Karena menurut dia, ada yang tidak mau susah payah membangun argumen dimana mereka lebih suka membonceng kekuasaan dan membangun pengaruh dengan kekuasaan dibelakang layar.

"Karena, kekuasaan itu meski di tangan orang dungu, dia tetap lebih berpengaruh dari pikiran raksasa filusuf. Maka, bagi oposisi bangunlah mazhab berpikir yang serius," kata Fahri lewat twitternya yang dikutip Sabtu (20/7/2019).

Meski sulit, kata dia, karena pekerjaan itu selain sepi sumber daya tapi juga dimusuhi. Namun, tetap harus dibangun untuk menyajikan pikiran alternatif dari kecenderungan kekuasaan yang melaju tanpa rem.

"Mazhab pikiran bukanlah tandingan yang sepadan bagi kekuasaan yang bergerak dan melaju secara pragmatis," ujarnya.

Fahri mengatakan karena pada saat berargumen, mereka mengambil keputusan untuk mengalihkan perhatian dengan yang kekuasaan dan publik cenderung kepada yang kasat mata sehingga argumen kalah.

"Argumen selalu nampak kalah berhadapan dengan kuatnya aura kekuasaan dan uang yang meniup imajinasi publik dan syahwat sederhana. Tapi mengapa argumen tetap diperlukan? Karena semua pasti bermula dari ide dan pikiran. Bahkan pragmatisme pun adalah argumen, sinisme itu ide," tandasnya.[ris]

Komentar

x