Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 05:26 WIB

Pemukulan Hakim Sunarso

KY Pastikan Akan Perketat Perlindungan Hakim

Jumat, 19 Juli 2019 | 11:29 WIB
KY Pastikan Akan Perketat Perlindungan Hakim
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus memastikan, pihaknya akan mengambil langkah agar kasus penganiayaan kepada hakim tak kembali terjadi.

Pasalnya, insiden kekerasan yang menimpa hakim yang dialami Sunarso bukan yang pertama kalinya terjadi. Ia menegaskan, akan mengedepankan aturan perlindungan terhadap hakim.

"Misalnya, bagaimana perlu perlindungan terhadap hakim supaya menangani perkara itu bisa terhindar dari (kekerasan). Kan kejadian demikian bukan hanya di PN Jakpus," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Ia menambahkan, perlindungan yang dilakukan terhadap hakim bahkan telah diterapkan di berbagai daerah tanah air.

"Seperti di Makassar sampai di meja hakimnya dikasih terali. Itu berarti mencerminkan, sebelum itu dipasang, ada kejadian yang mengganggu konsentrasi hakim," tandasnya

Seperti diberitakan, majelis hakim Sunarso menjadi korban pemukulan saat membacakan putusan bagian pertimbangan yang sudah mengarah uraiannya pada pertimbangan petitum digugat.

Kuasa hukum berinisial D ini lalu berdiri dan menghampiri Sunarso. Serta merta, ia melayangkan pukulan dengan ikat pinggangnya.

Hakim Sunarso pun melaporkan pemukulan yang dialaminya ke polisi. D saat ini telah dibawa ke Polsek Kemayoran untuk diamankan dan dilakukan pemeriksaan.

Komentar

x