Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 02:37 WIB

Anies Akan 'Sulap' Kemang, Begini Penampakannya

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 19 Juli 2019 | 03:16 WIB
Anies Akan 'Sulap' Kemang, Begini Penampakannya
(Foto: instagram/aniesbaswedan)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal 'menyulap' daerah Kemang, Jakarta Selatan seperti layaknya daerah wisata.

Lewat akun Instagram-nya @aniesbaswedan, Anies menampilkan layout daerah Kemang yang ramah pejalan kaki.

Tak cuma trotoar, dalam video yang diposting, sejumlah taman untuk mempercantik daerah Kemang yang memang menjadi salah satu destitasi wisata.

"Penataan fasilitas jalur pejalan kaki dan fitur ruang publik pada Koridor Kemang untuk mewujudkan Kawasan Kemang sebagai 'Kampung Kreatif Ramah Pejalan Kaki yang Kontekstual Dengan Gaya Hidup Masyarakat Urban yang Kontemporer di Selatan Jakarta'. Hadirnya elemen-elemen perancangan ruang publik yang tematik dan atraktif akan menjadikan atmosfer ruang kota dan wajah jalan kawasan lebih hidup dan berkarakter," tulis Anies seperti dikutip INILAHCOM, Kamis (18/7/2019).

Penataan Kawasan Ramah Pejalan Kaki Kemang yang berada pada lokasi strategis jalur perlintasan penghubung pusat-pusat kegiatan utara dengan selatan, menciptakan kawasan urban (urban place) yang menarik, dinamis, dan berkarakter, dengan penempatan spot-spot untuk street art performance dengan street furniture yang memungkinkan bertambahnya kegiatan interaksi warga pada ruang di kiri-kanan koridor sepanjang 3,55 km ini.

"Pemanfaatan jalur hijau sebagai elemen untuk meresapkan air permukaan (run-off water), penambahan jenis pohon, perdu, dan ground cover yang sebagiannya adalah jenis tanaman berbunga, memberikan karakter yang kuat, ditambah dengan kehadiran Pohon Kemang, (Mangifera kemanga) menambah kuat identitas kawasan Kemang," ungkapnya.

Desain persimpangan yang semakin memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, penempatan wayfinding (penunjuk jalan), bollard (patok pembatas) pengaman, bangku, serta ubin pemandu, diharapkan membuat pengalaman berjalan kaki di koridor ini semakin menyenangkan.

"Pertengahan Juni pembangunan fisik ini sudah dimulai dan diharapkan bisa dinikmati masyarakat pada akhir Desember tahun ini," tandansya.

Penataan fasilitas jalur pejalan kaki dan fitur ruang publik pada Koridor Kemang untuk mewujudkan Kawasan Kemang sebagai "Kampung Kreatif Ramah Pejalan Kaki yang Kontekstual Dengan Gaya Hidup Masyarakat Urban yang Kontemporer di Selatan Jakarta". Hadirnya elemen-elemen perancangan ruang publik yang tematik dan atraktif akan menjadikan atmosfer ruang kota dan wajah jalan kawasan lebih hidup dan berkarakter. Penataan Kawasan Ramah Pejalan Kaki Kemang yang berada pada lokasi strategis jalur perlintasan penghubung pusat-pusat kegiatan utara dengan selatan, menciptakan kawasan urban (urban place) yang menarik, dinamis, dan berkarakter, dengan penempatan spot-spot untuk street art performance dengan street furniture yang memungkinkan bertambahnya kegiatan interaksi warga pada ruang di kiri-kanan koridor sepanjang 3,55 km ini. Pemanfaatan jalur hijau sebagai elemen untuk meresapkan air permukaan (run-off water), penambahan jenis pohon, perdu, dan ground cover yang sebagiannya adalah jenis tanaman berbunga, memberikan karakter yang kuat, ditambah dengan kehadiran Pohon Kemang, (Mangifera kemanga) menambah kuat identitas kawasan Kemang. Desain persimpangan yang semakin memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki, penempatan wayfinding (penunjuk jalan), bollard (patok pembatas) pengaman, bangku, serta ubin pemandu, diharapkan membuat pengalaman berjalan kaki di koridor ini semakin menyenangkan. Pertengahan Juni pembangunan fisik ini sudah dimulai dan diharapkan bisa dinikmati masyarakat pada akhir Desember tahun ini. #dkijakarta #jakarta #PemprovDKIJakarta #AniesBaswedan #trotoarjakarta #kampungkreatifkemang #kemangartdistrict #binamargadki #ksd2019 #VibrantJakarta #WajahBaruJakarta

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on


Komentar

x