Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 05:31 WIB

Polri Diminta Tindaklanjuti Rekomendasi TPF Novel

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Rabu, 17 Juli 2019 | 18:03 WIB
Polri Diminta Tindaklanjuti Rekomendasi TPF Novel
Anggota TPF Novel, Nurkholis - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Tim Pencari Fakta (TPF) menyebut ada tiga orang yang diduga dicurigai sebagai pelaku penyerangan air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Tiga orang itu dicurigai karena berada di sekitar rumah Novel sebelum insiden teror terjadi.

Anggota TPF Novel, Nurkholis mengatakan timnya merekomendasikan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk melakukan pendalaman terhadap fakta keberadaan satu orang tidak dikenal yang mendatangi rumah Novel di JI. Deposito pada tanggal 5 April 2017.

"Kemudia dua orang tidak dikenal yang berada di dekat tempat wudhu Masjid AI-lhsan menjelang subuh pada tanggal 10April 2017 dengan membentuk tim teknis dengan kemampuan spesifik yang hal tersebut tidak dimiliki oleh TPF," katanya di Mabes Polri, Rabu (17/7/2019).

Nur Kholis meminta Polri membentuk tim teknis yang berisikan penyidik-penyidik berpengalaman, karena tim teknis tak dimiliki oleh TPF.

"Dengan membentuk tim teknis dengan kemampuan spesifik yang hal tersebut tidak dimiliki oleh TPF," ujarnya.

Menurut dia, temuan-temuan dari TPF perlu ditindaklanjuti salah satunya serangan ke Novel diduga kuat berkaitan dengan kasus korupsi yang ditanganinya di KPK. TPF menyebut ada 6 kasus high profile yang menjadikan ancaman untuk Novel.

"TPF merekomendasikan kepada Kapolri untuk melakukan pendalaman terhadap probabilitas motif dari sekurang-kurangnya 6 kasus high profile yang ditangani oleh korban, dan TPF meyakini kasus-kasus tersebut berpotensi menimbulkan serangan balik atau balas dendam karena adanya dugaan penggunaan kewenangan secara beriebihan (excessive use of power)," tandasnya.[ris]

Komentar

x