Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:05 WIB

Jokowi Diyakini Pertahankan Menteri Profesional

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 16 Juli 2019 | 23:03 WIB
Jokowi Diyakini Pertahankan Menteri Profesional
Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf, Abdul Kadir Karding - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf, Abdul Kadir Karding mengaku tidak paham siapa menteri Kabinet Kerja Jilid I yang akan dipertahankan oleh Presiden Joko Widodo pada pemerintahan periode 2019-2024.

"Saya tidak memahami siapa saja menteri-menteri lama yang akan bertahan, siapa saja menteri yang akan diganti. Karena saya khawatir opini yang keluar dari mulut saya menjadi bahan endorse atau menjatuhkan seseorang," kata Karding di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurut dia, ada beberapa orang yang memang betul-betul bekerja keras penuh kesungguhan dan loyalitas bekerja untuk memenangkan Jokowi di lapangan selama kampanye Pemilu 2019.

"Tetapi siapa orangnya, tentu kami tidak punya hak dan legitimasi untuk menyampaikan itu. Tentu, penilaian terhadap menteri itu hak prerogratif Presiden," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Umum PPP, Amir Uskara membenarkan ada beberapa menteri lama yang masih cocok untuk melanjutkan membantu pemerintahan lima tahun kedepan. Namun, siapa saja orangnya tentu merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Ada beberapa menteri kita lihat sukses. Menteri yang ada sekarang tidak perlu dibongkar pasang lagi, kalau saya lihat masih cocok dan kompeten. Menurut saya dipertahankan karena terbukti bagus kinerjanya," kata dia.

Sedangkan Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menilai menteri yang akan dipertahankan tentu berprestasi dan kinerjanya baik selama periode 2014-2019. Menurut dia, faktor loyalitas dan kinerja akan jadi pertimbangan.

Selain itu, Arya mengatakan jalan tengahnya memilih politisi partai politik yang profesional dan memiliki jaringan partai yang kuat agar kebijakan-kebijakan strategis yang bisa didukung oleh DPR.

"Artinya dia orang partai tapi punya kompetensi yang baik di bidangnya, jadi politisi professional. Ini akan menjadi jalan tengah, apalagi ada isu partai pengusung 02 (Prabowo-Sandi) akan bergabung juga," katanya.

Kemudian, Arya mengatakan Jokowi akan melihat kemampuan menteri bekerja sama dengan kementerian lain di kabinet termasuk kecocokan atau chemistry antara Jokowi dengan menteri tersebut.

"Diyakini menteri-menteri yang bisa memenuhi target yang diberikan Jokowi kemungkinan juga akan dipertahankan," tandasnya. [adc]

Komentar

x