Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 02:37 WIB

Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah Rawan di Jabar

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 16 Juli 2019 | 18:13 WIB
Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah Rawan di Jabar
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) pimpinan Para Wijayanto sangat berpengaruh di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Untuk sementara ini memang paling kuat di Jawa Barat ya, pengaruhnya signifikan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dedi mengatakan selain di Jawa Barat, di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga turut disusupi paham radikal kelompok JI. Kelompok ini juga menembus ke Papua.

"Lalu di Jawa Tengah dan sebagian di Jawa Timur. Kemudian di wilayah Sumatera, lalu ada di Kalimantan tidak banyak. Lalu di Sulawesi juga tidak banyak dan mereka bisa menembus hingga ke Papua Barat," jelas Dedi.

Dedi menambahkan salah satu cara menularkan paham radikal yang digunakan kelompok JI ini melalui ceramah atau pengajian. Dari situ, mereka menyusupi isi ceramah paham radikal.

"Pola pendekatan khas itu dipake sama dia (JI) dalam rangka menyebarkan paham dia, karena dia menilai pahamnya paling benar," tutur Dedi.

Para Wijayanto dibekuk pada Sabtu (29/6/2019) pukul 06.12 WIB di Hotel Adaya Jalan Raya Kranggan, Jatisampurna, Bekasi. Dari sana buronan teroris sejak 2003 itu digelandang ke rumah kontrakannya di Perumahan Pesona Telaga, Jl. Telaga Indah, Cibinong pada Sabtu sekitar pukul 11.00 WIB.

Dari rumah yang ditempati oleh lelaki kelahiran Subang tahun 1965 itu penyidik menyita sejumlah barang bukti, misalnya 10 buah senjata tajam hingga sejumlah buku, HP, dan handycam.

Selain Para, Istri dan 3 orang kepercayaannya juga ditangkap di lokasi yang berbeda. [adc]

Komentar

x