Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 05:29 WIB

Jokowi Minta 6 Masalah Wisata Segera Diselesaikan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 15 Juli 2019 | 22:03 WIB
Jokowi Minta 6 Masalah Wisata Segera Diselesaikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada enam persoalan yang harus diselesaikan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di Indonesia.

Jokowi mengaku sudah mengunjungi beberapa daerah dan melihat langsung progres serta pengembangan destinasi wisata antara lain Mandalika, Danau Toba, Manado, Labuan Bajo.

Menurut dia, tiga tahun lalu pemerintah menginginkan pembangunan 10 destinasi baru atau Bali baru dan saat ini baru bisa memberikan prioritas terhadap lima tempat wisata terlebih dahulu.

"Saya enggak ke Borobudur karena sudah pernah bolak balik kesana, sudah tahu masalahnya," kata Jokowi di Kantor Presiden, Senin (15/7/2019).

Jokowi mengatakan enam masalah yang dicatat yakni masih ada problem pengaturan dan pengendalian tata ruang yang harus dibenahi. Kemudian, kaitan akses konektivitas menuju destinasi wisata.

Menurut dia, infrastruktur yang ada masih banyak yang perlu dibenahi baik berupa terminal bandara, landasan pesawat, dermaga pelabuhan dan konektivitas jalan menuju tempat wisata.

Misalnya, kata Jokowi, di Labuan Bajo, Manador semua perlu dibenahi secepatnya agar tahun depan bisa menarik wisatawan dari mancanegara sehingga menghasilkan devisa sebanyaka-banyaknya.

"Saya sudah sampaikan pada menteri, tahun depan harus diselesaikan, karena memang ada peluang besar bagi kita untuk menarik wisatawan dari mancanegara yang diharapkan menghasilkan devisa sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, mengenai fasilitas yang tersedia di lokasi wisata seperti toilet dan tempat makan agar segera diperbaiki dengan standar maksimal oleh pemerintah daerah.

"Saya minta pemerintah provinsi turun ke bawah, kabupaten/kota diajak membenahi, sehingga orang masuk betul-betul diberikan pelayanan yang baik," jelas dia.

Di samping itu, Jokowi mengatakan kualitas sumber daya manusia juga ditingkatkan dimana pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama memberikan traning kepada masyarakat sekitar yang bekerja di sektor pariwisata.

"Semua diberikan training sehingga bisa betul-betul mampu melayani wisatawan dengan baik dengan ramah tamah, melayani dengan senyuman, dan ini akan memberikan dampak yang baik," katanya.

Selanjutnya, Jokowi meminta supaya kegiatan budaya atau produk lokal lebih ditampilkan dan dipercantik lagi seperti pakain atau kostum, tarian budaya dan lainnya.

"Keenam, promosi dilakukan secara besar-besaran, sehingga betul-betul kita mendapatkan manfaat dan multiplayer efek besar dan efek pertumbuhan bagi ekonomi daerah," tandasnya. [ton]

Komentar

x