Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 08:13 WIB

Jokowi: Silahkan Jadi Oposisi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 14 Juli 2019 | 21:35 WIB
Jokowi: Silahkan Jadi Oposisi
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilahkan partai politik mengambil jalan sebagai oposisi pada pemerintahan periode 2019-2024. Menurut dia, itu hal yang dibolehkan dalam demokrasi.

"Dalam demokrasi, mendukung mati-matian seorang kandidat itu boleh. Mendukung dengan militansi yang tinggi itu juga boleh, menjadi oposisi itu juga sangat mulia. Silahkan," kata Jokowi di Sentul, Minggu (14/7/2019).

Namun, Jokowi mengingatkan jangan menjadi oposisi yang menimbulkan dendam dan kebencian apalagi disertai dengan hinaan, cacian dan makian-makian.

"Kita ini memiliki norma-norma agama, etika dan tata krama ketimuran, budaya yang luhur," ujarnya.

Menurut dia, semua masyarakat harus ingat bahwa Indonesia punya Pancasila sebagai rumah bersama, sebangsa dan setanah air. Maka, tidak ada toleransi sedikit pun bagi yang mengganggu Pancasila.

"Yang mempermasalahkan Pancasila tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak mau berbinnheka tunggal ika, tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak toleran terhadap perbedaan, tidak ada lagi yang tidak menghargai penganut agama lain, warga suku lain dan etnis lain," tandasnya.[ris]

Komentar

x