Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 05:10 WIB

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 11 Juli 2019 | 17:36 WIB
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara
Ratna Sarumpaet - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa hoax penganiayaan, Ratna Sarumpaet Divonis 2 tahun penjara. Majelis hakim menilai Ratna terbukti membuat onar atau gaduh karena hoax penganiayaan yang disebarnya.

"Menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengna sengaja menerbitkan keonaran rakyat," ujar hakim ketua Joni membacakan amar putusan di PN Jaksel, Kamis (11/7/2019).

Majelis hakim menyebut Ratna Sarumpaet dengan sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut penganiayaan. Atas penyebaran hoax tersebut, dakwaan jaksa membuat onar pun diamini oleh majelis hakim.

Ratna Sarumpaet membuat geger dengan viralnya foto-foto muka lebam yang diklaim sebagai penganiayaan. Ratna mengkau kepada ajudannya bahwa ia dipukul oleh orang tak dikenal.

Aksi penganiayaan itu kemudian menyebar ke Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi hingga Capres 02 Prabowo Subianto kala itu.

Usai dilakukan penyelidikan, polisi memastikan bahwa penganiayaan yang dilakukan tidak ada. Ratna pun membuat pernyataan bahwa penganiayaan yang dialami adalah bohong. Ratna beralasan saat itu ia bingung untuk menghadapi pertanyaan anak-anaknya seusai melakukan operasi plastik.

Sebab, operasi plastik yang dilakukannya di RS Bina Estetika pada 21-24 September 2018 itu ternyata hasilnya tak sesuai dengan ekspektasi. Ratna pun mengakui berbohong.

Ratna didakwa membuat keonaran lewat hoaxpenganiayaan. Ratna disebut menyebarkan hoax kepada sejumlah orang lewat pesan WhatsApp, termasuk mengirimkan gambar wajah lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Ratna Sarumpaet dikenai dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE. [ton]

Komentar

x