Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 00:59 WIB

Komisi III Sarankan KPK PK Kasasi Bebas Syafruddin

Kamis, 11 Juli 2019 | 04:00 WIB
Komisi III Sarankan KPK PK Kasasi Bebas Syafruddin
Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil - (Foto: Inilahcom/Didik)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil berharap, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan peninjuan kembali (PK) atas vonis bebas terdakwa korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia Syafruddin Arsyad Temenggung oleh Mahkamah Agung (MA).

"Karena itu menurut saya ini juga ujian bagi KPK apakah dia akan melakukan peninjauan kembali atau tidak. Jadi diharapkan KPK kalau memang dia serius mengusut kasus BLBI ini maka dia harus berani untuk mengajukan PK atas putusan MA ini," kata Nasir di gedung DPR, Rabu (10/7/2019).

Politikus PKS itu menambahkan, adanya putusan itu dapat menimbulkan spekulasi di masyarakat, seperti adanya pengaruh tertentu dalam putusan tersebut.

"Nanti publik akan mencurigai jangan-jangan ini ada orang kuat di balik putusan hukum ini, jangan-jangan ya. Saya katakan bukan kita mencurigai, jangan-jangan nanti publik menilai ada orang kuat. Soalnya 15 tahun bisa kemudian dibebaskan, tidak misalnya dikurangi misalnya jadi 7, 6, atau 5 tahun, tapi langsung dibebaskan," tuturnya.

Dalam kasus BLBI, pada pengadilan tingkat pertama, Syafruddin divonis 13 tahun penjara dan divonis 14 tahun penjara di itngkat banding. Namun dalam tingkat kasasi, Syafruddin divonis bebas. [fad]

Komentar

x