Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:07 WIB

Terjadi 47 Kali Gempa Susulan di Maluku Utara

Oleh : Willie Nafie | Senin, 8 Juli 2019 | 14:34 WIB
Terjadi 47 Kali Gempa Susulan di Maluku Utara
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan sebanyak 47 kali aktivitas gempa susulan terjadi Maluku Utara diguncang gempa bumi sebesar Magnitudo 7,1.

"Hingga hari ini, Senin 8 Juli 2019, pukul 12.45 WIB, aktivitas gempa susulan sudah mencapai 47 kali," kata Rahmat lewat keterangan persnya, Senin (8/7/2019).

Meski demikian, belum ada informasi kerusakan akibat guncangan gempa kuat di Maluku Utara tersebut.

"Dampak gempa Maluku Utara hanya menyebabkan terjadinya kepanikan yang luar biasa masyarakat. Di Kota Manado beberapa rumah tembok mengalami retak pada bangunan tembok bangunan dengan kategori sangat ringan," ujarnya.

Sementara itu, untuk wilayah Minahasa Selatan dan Minahasa Utara bagian Selatan ditetapkan level waspada untuk gempa bumi berpotensi tsunami.

"Selanjutnya, berdasarkan hasil monitoring perubahan muka air laut pada 6 Stasiun Tide Gauge di Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Sanana selama kurang lebih 2 jam, sesuai dengan SOP, tidak menunjukkan adanya anomali, maka peringatan dini tsunami diakhiri pada pukul 00.09 WIB tanggal 8 Juli 2019," jelasnya.

Ini imbauan BMKG terhadap warga:

1.Sehubungan dengan Peringatan dini tsunami telah dinyatakan berakhir maka bagi daerah yang mendapatkan Peringatan dini tersebut dapat kembali ke tempat masing-masing.

2.Namun demikan masyarakat agar tetap waspada terhadap gempabumi susulan.

3.Tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg.

[rok]

Komentar

x