Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:13 WIB

Ini Yang Didengar Mahfud MD Dari Almarhum Sutopo

Oleh : Willie Nafie | Senin, 8 Juli 2019 | 11:04 WIB
Ini Yang Didengar Mahfud MD Dari Almarhum Sutopo
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas, BNPB Sutopo Purwo Nugroho dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (7/7/2019) di Guangzhou, China. Sutopo didiagnosis mengalami sakit kanker paru-paru sekitar Desember 2017.

Adapun Sutopo berpulang meninggalkan istri, Retno Utami Yulianingsih, dan dua anak Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho serta Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Banyak yang mengenang Sutopo termasuk Presiden Joko Widodo. Salah satu yang ikut mengenang kematian Sutopo adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Dia mengenang apa yang dinilai sangat bermakna. Berikut yang disampaikan Mahfud lewat akun Twitter-nya yang dikutip INILAHCOM Senin (8/7/2019).

"Hidup adalah perubahan yang tak bisa dihindari, yang penting harus berubah menjadi lbh baik". Itu yang saya dengar dari Mas Sutopo saat memberi sambutan singkat pada penganugerahan "Tokoh Perubahan" yang diberikan oleh Harian REPUBLIKA tgl 24/4/2019, 10 minggu yg lalu. "Fantarei", kt Herakleitos," cuit Akun Twitter @mohmahfudmd.

"Filosof Yunani kuno, Herakleitos, berkata bhw hidup adl "fantarei", selalu mengalir dan berubah. Kata Imam Syafii, kita hrs berani bergerak dan berpindah utk kemajuan, sebab, "ibarat air yang berhenti di satu kolam, akan menimbulkan penyakit jika tdk diberi saluran utk mengalir", tulis Mahfud lagi. [rok]

Komentar

Embed Widget
x