Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:12 WIB

PKS Siap Rebut Kursi Wali Kota Surabaya

Rabu, 3 Juli 2019 | 14:50 WIB
PKS Siap Rebut Kursi Wali Kota Surabaya
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Ketua DPD PKS Kota Surabaya Akhmad Suyanto memastikan partainya memiliki kesiapan untuk merebut kursi Wali Kota Surabaya di Pilkada Serentak 2020.

"Bismillah siap," kata Yanto, sapaan akrabnya, singkat pada Hari Rabu (3/7/2019).

Anggota DPRD Kota Surabaya ini pun lebih lanjut mengungkapkan persiapan yang telah dilakukan PKS dalam menghadapi Pilwali kelak. "Masih sebatas poling internal PKS," ujarnya.

Terkait gagasan untuk menggandeng kalangan birokrat demi memenangkan Pilwali, Yanto memiliki pandangan jika hal itu merupakan ide bagus. "Bagus mas karena intinya memang birokrasi adalah tulang punggung pemerintahan," katanya.

Sebagai informasi, peluang PKS merebut kursi Wali Kota Surabaya terbuka melalui riset yang dilakukan oleh pakar komunikasi politik asal UNAIR Suko Widodo. Nama politisi PKS Reni Astuti dianggap lebih memiliki peluang dari dua Srikandi Politik lainnya, Puti Guntur dan Indah Kurnia.

"Reni punya relasi sosial yang kental karena tingkat interaksinya dengan warga cukup intensif, relasi sosial dua kandidat PDIP kurang intensif. Karena lebih beraktivitas di Jakarta," ujar Suko.

Di sisi lain, peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam memandang jika PKS perlu melakukan beberapa hal jika ingin memenangkan Pilwali Surabaya. Salah satunya adalah memilih koalisi yang tepat.

"Untuk menang di Pilwali Surabaya modal perolehan Pileg itu masih minimalis. PKS bisa mengambil ceruk pemilih mengambang jika mengusung figur profesional progresif. Jika PKS bisa keluar dari polanya selama ini, kontes Pilwali Surabaya masih bersaing. Meski, PKS harus menapaki jalan terjal yang tidak mudah karena pemilih Kota Surabaya amat heterogen," papar Rokim. [beritajatim]

Komentar

x