Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 21:23 WIB

Posting Berita Hoax, Pria Asal Kaltim Ditangkap

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 1 Juli 2019 | 21:03 WIB
Posting Berita Hoax, Pria Asal Kaltim Ditangkap
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - MAM (45), pria pemilik akun Instagram rif_opposite ditangkap karena mengunggah konten provokatif bernada ujaran kebencian dan hoax. MAM mengaku ingin dikenal dengan menyebar konten provokatif.

"Tersangka adalah pemilik akun Instagram rif_opposite yang sangat aktif melakukan unggahan gambar dan video hasil kreasi dan modifikasi sendiri di akun Instagram miliknya," kata Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Dani Kustoni di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/7/2019).

"Tersangka mengaku termotivasi memposting konten-konten gambar dan video karena tidak suka dengan pemerintahan saat ini, dan agar semua masyarakat umum mengetahui tentang informasi yang ia sebarkan," sambung Dani.

MAM ditangkap di Kompleks Borobudur, Jalan Tabrani Ahmad, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (25/6). akun rif_opposite memiliki 1.896 pengikut. Dalam sehari, lanjut Dani, MAM mengunggah konten yang berpotensi menimbulkan kegaduhan sebanyak 4 hingga 5 kali.

"Konten unggahan sebagian besar mengandung unsur pidana. Beberapa konten yang mengandung unsur pidana antara lain 'situs KPU dikendalikan intruder', 'kecurangan dalam bentuk membuang C1 milik paslon 02', (dan lainnya)," ujarnya.

MAM dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 dan Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana; dan atau Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan ats Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan atau Pasal 207 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 10 tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar. [ton]

Komentar

x