Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 08:57 WIB

Baju Putih Arahan Jokowi, MK Tolak Dalil Prabowo

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 27 Juni 2019 | 15:39 WIB
Baju Putih Arahan Jokowi, MK Tolak Dalil Prabowo
(Foto: Inilahcom/Didik)

INILAHCOM, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak dalil kubu 02 Prabowo-Sandi soal arahan Capres 01 Joko Widodo untuk memakai 'baju Putih' saat proses pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu. Majelis hakim menilai dalil pelanggaran yang dianggap kubu 02 soal arahan Jokowi tak berdasar.

"Bahwa pemohon mendalilkan terjadinya pelanggaran Pemilu secara TSM atas asas pemilu yang bebas dan rahasia yang dilakukan pendukung paslon nomer 01, yang mengajak pendukungnya untuk datang ke TPS menggunakan baju putih," kata hakim konstitusi, Arief Hidayat saat membacakan pokok dalil putusan sengketa Pilpres 2019, Kamis (27/6/2019).

Arief mengatakan arahan 'baju Putih' saat proses pemungutan suara nyatanya juga diminta oleh kubu 02 melalui surat resmi yang ditandatangani ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.

"Lagi pula pemohon, menurut pihak terkait, meminta para pendukung untuk menggunakan baju putih sebagaimana surat yang dikirimkan ketua timses Djoko Santoso," kata Arief membacakan jawaban pihak terkait dalam hal ini Jokowi.

Arief pun menyatakan 9 hakim konstitusi sepakat bahwa dalil yang dilayangkan oleh kubu Prabowo tidak relevan. Sebab, arahan pakai 'baju Putih' saat proses pemungutan suara tidak menimbulkan gaduh atau insiden berarti dan tidak mempengaruhi suara pemohon 02 dan pihak terkait 01.

"Mahkamah tidak menemukan fakta yang menunjukkan adanya intimidasi ajakan untuk menggunakan baju putih. Lebih-lebih pengaruhnya dalam perolehan suara pemohon maupun pihak terkait. Mahkamah menyatakan dalil pemohon a quo tidak relevan dan harus dikesampingkan," tutur Arief.

Dalam kampanye Akbar kubu 01, Capres petahana Joko Widodo berkali-kali meminta para pendukungnya untuk mengawal proses pemungutan suara pada 17 April lalu. Jokowi meminta para pendukungnya untuk serentak memakai 'baju Putih'. [rok]

Komentar

x