Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 12:51 WIB

Yusril Ajak Semua Pihak Hormati Apapun Putusan MK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 27 Juni 2019 | 05:16 WIB
Yusril Ajak Semua Pihak Hormati Apapun Putusan MK
Kuasa Hukum Pasangan Joko Widodo-Maruf Amin, Yusril Ihza Mahendra - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kuasa Hukum Pasangan Joko Widodo-Maruf Amin, Yusril Ihza Mahendra mengatakan putusan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) sifatnya final dan mengikat. Sehingga, semua pihak harus menghormati putusan hakim MK terkait gugatan hasil pemilu presiden 2019 yang digelar pada Kamis (27/6/2019).

"Apapun putusan MK harus diterima oleh para pihak yang dengan jiwa besar, begitu juga sikap para pendukungnya. Putusan MK final dan mengikat, tidak ada upaya hukum lagi," kata Yusril lewat twitternya yang dikutip Rabu (26/6/2019).

Menurut dia, Mahkamah Konstitusi adalah lembaga kekuasaan kehakiman yang merdeka dan bebas dari pengaruh siapa pun. Maka dari itu, semua harus menjaga kemerdekaan Mahkamah Konstitusi agar tidak ada pihak manapun yang berusaha untuk mempengaruhi apalagi menekan MK agar mengikuti kemauannya.

"Setiap sesuatu harus ada akhirnya. Putusan MK adalah upaya terakhir menyelesaikan perselisihan," ujarnya.

Kemudian, Yusril sebagai advokat pasangan calon nomor urut 01 mendorong supaya MK memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada advokat 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menguraikan permohonannya, menghadirkan semua alat-alat bukti yang mereka miliki agar mereka dapat membuktikan dalil-dalil permohonannya.

"Termohon KPU, pihak terkait dan Bawaslu juga harus diberikan kesempatan yang sama, agar sidang berjalan fair dan adil. Majelis Hakim akan menilai semua argumen dan kekuatan pembuktian dari semua alat bukti yang dihadirkan agar dapat memutuskan perkara dengan penuh keadilan," jelas dia.

Komentar

x