Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 07:12 WIB

Polri Siap Dalami Temuan Amnesty Internasional

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 27 Juni 2019 | 01:11 WIB
Polri Siap Dalami Temuan Amnesty Internasional
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polri mempersilahkan Amnesty Internasional Indonesia untuk menyerahkan temuan adanya dugaan pelanggaran HAM dalam aksi demo 21-22 Mei lalu. Temuan itu nantinya akan diselidiki oleh tim investigasi bentukan Polri.

"Kalau punya data, silahkan data itu diserahkan ke Tim Investigasi Gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Rabu (26/6/2019).

Dedi mengatakan tim investigasi akan mendalami fakta dan data yang diberikan Amnesty International. Tim internal Polri, menurut Dedi, akan menyampaikan hasil investigasi secara komprehensif.

"Nanti tim akan mendalami fakta dan data yang ditemukan LSM. Nanti hasilnya disampaikan secara komprehensif. Kita menunggu proses dulu," ujar Dedi.

Sebelumnya, Amnesty International Indonesia menyatakan ada dugaan penyiksaan oleh aparat kepolisian dalam kerusuhan pada 21-23 Mei. Dugaannya, penyiksaan terhadap mereka yang sudah ditangkap dan tidak melakukan perlawanan di Jalan Kampung Bali dan sekitar Bawaslu.

"Kita mengidentifikasi ada lima orang, paling sedikit empat orang. Jadi empat korban lainnya di Kampung Bali pada saat bersamaan. Ini kejadian di situ sekitar pukul 05.30 WIB (23 Mei) ada personel Brimob yang memaksa masuk (area parkiran) dibukain pintu oleh petugas smart service parking," ujar Peneliti Utama Amnesty Internasional Indonesia, Papang Hidayat.

"Kemudian polisi mendapatkan satu rumah yang sudah rusak, di situ ada orang yang sedang tidur di dalamnya, biasa nongkrong di situ diambil. Ditangkap," sambung dia. [ton]

Komentar

x