Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 02:41 WIB

Polisi Sita Kapal Pengangkut BBM Ilegal di Kaimana

Oleh : Aris Danu | Rabu, 26 Juni 2019 | 17:42 WIB
Polisi Sita Kapal Pengangkut BBM Ilegal di Kaimana
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kaimana - Direktorat Kriminal Khusus Polda Papua Barat menyita kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) ilegal sebanyak 8000 liter di Kabupaten Kaimana.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey di Manokwari mengatakan, pengangkutan 8.000 liter BBM jenis solar melalui kapal kayu ini tidak disertai dokumen.

"BBM ini tampung di dalam profil tank. Ada dua, yang satu berisi 5.000 liter dan satunya lagi 3.000 liter. Diangkut menggunakan kapal kayu 18 GT dan ternyata mereka tidak memiliki dokumen diantaranya izin pengangkutan Solar tersebut," kata Mathias, Rabu (26/6/2019).

Usai mengamankan kapal beserta BBM, polisi langsung meminta keterangan dari sejumlah saksi diantaranya KSOP Kabupaten Kaimana, nahkoda serta anak buah kapal.

Dari keterangan nahkoda sekaligus pemilik kapal, BBM tersebut milik PT Bersama Papua Unggul. Soal tersebut dibeli dari PT Pertamina TBBM Kaimana.

"Menurut saksi BBM ini akan dibawa ke Kampung Wetuf Distrik Teluk Arguni Kabupaten Kaimana untuk keperluan pekerjaan proyek yang dilaksanakan PT Bersama Papua Unggul," ujar Krey.

Barang bukti akan disita untuk penanganan lebih lanjut. Polisi juga akan mendalami kasus tersebut dengan memperbanyak keterangan saksi, termasuk meminta keterangan ahli.

"Kasus ini kami limpahkan penanganannya Kepada Polres Kaimana. Mereka yang lebih dekat dengan lokasi, sehingga diharapkan lebih mudah," kata Mathias.[ton]

Komentar

Embed Widget
x