Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 14:04 WIB

Tito Tak Akan Kirim Perwira 'Bermasalah' ke KPK

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 25 Juni 2019 | 10:37 WIB
Tito Tak Akan Kirim Perwira 'Bermasalah' ke KPK
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengirimkan perwira tinggi (Pati) terbaik ke Pansel KPK untuk ikut seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK.

"Untuk seleksi komisioner KPK ini saya memberikan kesempatan kepada anggota Polri yang berminat dan dianggap mampu untuk ikut mendaftar," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Sejauh ini, sembilan nama Pati Polri sudah terang-terangan mendaftar seleksi Capim KPK. Tito menyebut saat ini proses seleksi di internal Polri terhadap 9 Pati masih berlangsung.

"Ada sembilan ya, seleksi internal kita enggak ada masalah. Cuma kita gatau nanti kan ada seleksi LHKPN ada PPATK pengecekan pengecekan itu nanti kan akan dilaksanakan," ucap Tito.

Tito tak menutup pintu untuk Pati lain juga turut mendaftar. Namun, Tito mengingatkan Pati yang hendak mendaftar Capim KPK harus tahu track record masing-masing.

"Kalau sepanjang enggak ada masalah, enggak ada catatan buruk, track record baik di Polri, enggak ada kasus misalnya saya bebaskan memberikan rekomendasi. Tapi kalau ada catatan, otomatis saya enggak akan beri catatan percuma dikirim nanti tau-tau ada catatan ditemukan oleh Pansel KPK, malu jadi lebih baik enggak usah dikirim begitu," tutur Tito.

Diketahui, Pansel KPK telah membuka pendaftaran Calon Pimpinan KPK mulai 17 Juni - 4 Juli 2019. Nantinya, para Capim KPK akan mengikuti rangkaian test mulai dari tes kesehatan sampai test bidang ilmu pengetahuan.

Pansel KPK sendiri telah menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meminta masukan dan meminta Polri menyodorkan nama-nama terbaik untuk ikut seleksi Capim KPK. Sebelumnya, Pansel KPK juga telah menemui Jaksa Agung HM Prasetyo untuk meminta hal yang sama. [rok]

Komentar

x