Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 14:53 WIB

Kemendagri Kaji Berkas Izin Perpanjangan FPI

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 24 Juni 2019 | 14:34 WIB
Kemendagri Kaji Berkas Izin Perpanjangan FPI
(Foto: Inilahcom/Ahmad Farhan)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah akan mengkaji permohonan izin perpanjangan surat keterangan terdaftar (SKT) FPI sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Setidaknya yang lewat SKT itu setiap pengajuan kembali akan kita nilai, kita telaah," kata Tjahjo di Kompleks Kepresidenan, Senin (24/6/2019).

Kemudian, kata dia, pemerintah juga akan mempelajari terlebih dulu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang terbaru dari organisasi kemasyarakatan tersebut.

"Bagaimana komitmen terhadap NKRI dan Pancasila, itu yang dilihat," ujarnya.

Ia mengatakan penelitian terhadap berkas atau dokumen itu bukan hanya berlaku kepada FPI saja, tetapi untuk semua ormas yang memerlukan SKT.

"Karena ada Ormas yang mendaftarkan diri di Kemenkumham ada, ada yang mendaftarkannya cukup di akta notaris juga ada, ada juga yang mengajukan SKT ke Kemendagri. Tidak prinsip sih," jelas dia.

Menurut dia, pemerintah juga akan mempertimbangkan berbagai hal dalam mengambil suatu keputusan terhadap organisasi kemasyarakatan yang mengajukan permohonan izin perpanjangan.

"Apapun yang diputuskan pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Mana ormas yang baik, ormas yang tidak menimbulkan pro kontra, ada kemaslahatan bagi masyarakat dan bangsa," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x