Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 02:32 WIB

MPR Ajak Rakyat Indonesia Terus Rawat Kebhinekaan

Sabtu, 22 Juni 2019 | 12:00 WIB
MPR Ajak Rakyat Indonesia Terus Rawat Kebhinekaan
anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Teuku Riefky Harsya - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Usai dinilai sukses menggelar pemilihan anggota legilatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres), salah satu tantangan rakyat Indonesia adalah memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasalnya, di masa Pileg dan Pilpres, masyarat terpecah-pecah dan menghadapi konflik dalam mendukung pilihannya.

"Untuk mengembalikan keutuhan rakyat di NKRI, maka kita harus merawat kebhinekaan," kata anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Teuku Riefky Harsya, di depan 150 warga Singkil di aula hotel di Singkil, Sabtu (22/6/2019).

Dalam acara Empat Pilar Kebangsaan, bertema Pileg dan Pilpres Bagian dari Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut, Teuku Riefky mengimbau masyarakat agar dewasa menyikapi perbedaan.

"Jangan sampai perbedaan pilihan partai dan Presiden, menimbulkan permusuhan antar saudara dan merusak persahabatan.

Jangan karena beda pilihan partai dan Presiden, suami-istri pisah ranjang, ini bahaya," katanya.

Ia pun meminta hadirin untuk mengikuti kedu capres yang berkompetisi, Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) yang saat bertemu justru selalu terlihat berangkulan.

Teuku Riefky juga mengatakan, dengan menghargai kebhinekaan, termasuk kebhinekaan memilih partai dan Presiden, maka ketegangan dan konflik yang muncul di masa kampanye, akan cepat mencair.

"Kesatuan dan keutuhan NKRI akan terbangun kembali.

Lebih jauh, politisi Partai Demokrat ini mengajak masyarakat tidak termakan berita-berita bohong atau hoaks yang banyak bertebaran, khususnya di media sosial (medsos) belakangan ini," ungkapnya.

Lebih jauh, ia menilai berita hoaks yang dibuat orang-orang jahat, seringkali menjadikan masyarakat sebagai korbannya.

"Bahkan, kadang berujung pada konflik. Maka kita mesti selektif melihat sumber berita.

Menolak berita bohong juga akan mempermudah merawat kebhinekaan. Ketegangan antar kelompok masyarakat bakal terhindar. Pada penutupan acara, wakil rakyat dari daerah pemilihan Aceh satu ini berdoa. Semoga keutuhan kita segera kokoh kembali," jelasnya.

Komentar

x