Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 07:06 WIB

Runway Ketiga Bandara Soetta Segera Beroperasi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 21 Juni 2019 | 19:11 WIB
Runway Ketiga Bandara Soetta Segera Beroperasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap akhir bulan Juni pembangunan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah rampung dan bisa dioperasionalkan.

"Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan akan langsung dioperasionalkan. Mungkin Juli lah," kata Jokowi, Jumat (21/6/2019).

Menurut dia, apabila runway ini sudah dioperasionalkan maka diharapkan pergerakan pesawat akan bertambah banyak. Karena, sekarang memiliki 81 pergerakan setiap jam.

"Dengan tambahan runway ketiga akan menjadi 120 pergerakan per jam, tambahannya gede sekali, tambahannya 50 persen," ujarnya.

Ia mengatakan sudah ada permintaan dari maskapai dari negara-negara lain yang sudah mengantri, seperti Qatar, Saudi Arabia, India, Singapura, Malaysia, Jepang dan Cina.

"Semuanya pengen masuk, cuma penuh slotnya. Nah, sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soetta lagi," jelas dia.

Kemudian, Jokowi mengatakan adanya runway ketiga ini pesawat yang ingin turun di Soekarno Hatta juga tidak lagi berputar-putar dulu diatas kurang lebih 30 menit. Setelah itu, baru masuk ke tambahan akses kapasitas untuk ke terminal.

"Insya Allah enggak ada. Artinya dengan tambahan kapasitas yang besar ini ya langsung ketutup," katanya.

Di samping itu, Jokowi telah memerintahkan kepada menteri dan direktur utama untuk menyiapkan lagi perencanaan terminal ke-4. Menurutnya, sekarang sudah mulai didesain.

"Kita harapakn 2021 terminal ke 4 sudah dibangun, dan 3 tahun rampung. Sehingga total semuanya nanti diharapkan bisa menampung 110 juta penumpang setelah selesainya terminal 4," tandasnya. [ton]

Komentar

x