Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 21:42 WIB

Habib Bahar bin Smith Harapkan Keadilan

Oleh : Aris Danu | Kamis, 20 Juni 2019 | 18:32 WIB
Habib Bahar bin Smith Harapkan Keadilan
Habib Bahar bin Smith

INILAH.COM, Jakarta - Bahar bin Smith membacakan nota pembelaan atau pleidoi atas tuntutan enam tahun penjara dalam perkara penganiayaan dua remaja pada sidang hari ini, di PN Bandung, Jawa Barat (20/6/2019).

Dalam pledoi yang dibacakan secar lisan, Bahar memohon keadilan atas perkara hukum yang menjeratnya.

"Pleidoinya sudah saya bacakan semua tadi. Harapannya keadilan," kata Bahar usai persidangan.

Dalam pleidoinya, Bahar menyebutkan jika dia tak berniat menganiaya dua remaja Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Menurutnya, apa yang dia lakukan merupakan upaya tabayun atas informasi pengakuan habib Bahar yang dilakukan kedua korban.

"Saya hanya ingin tabayun, ingin mencari tahu, ingin mengklarifikasi betul atau tidaknya (informasi pengakuan habib Bahar di Bali)," paparnya.

Bahar menyebut salah satu bukti upayanya melakukan tabayun ialah dengan cara menyuruh muridnya untuk mendatangi kedua korban. Muridnya itu lantas diminta membawa korban ke pondok pesantren miliknya di ponpes Tajul Alawiyyin Bogor.

"Kalau saya ingin tanpa mencari tahu, membabi buta, tidak mungkin saya suruh murid saya menjemput dan bawa ke pondok," kata Bahar.

Pada sidang sebelumnya, jaksa menuntut Bahar bin Smith dengan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp50 juta. Jaksa meyakini Bahar terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. [ton]

Komentar

x