Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 10:55 WIB

Mendagri: DPT Pemilu 2019 Clean and Clear

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 20 Juni 2019 | 04:00 WIB
Mendagri: DPT Pemilu 2019 Clean and Clear
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) yang diserahkan kepada KPU RI sudah tidak bermasalah. Bahkan, setiap ada pertanyaan dari masing-masing tim sukses langsung dibuka bersama-sama.

Hal ini membantah tudingan dari saksi Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yakni Agus Muhammad Maksum saat memberikan keterangan dalam sidang gugatan hasil pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (19/6/2019).

"Menurut kami, DPT itu clean and clear. Setiap ada pertanyaan dari timses atau partai kan dibuka bersama. Jadi kalau di data yang kami ke KPU itu fix, clean and clear," kata Tjahjo di Kompleks Kepresidenan.

Menurut dia, apa yang disampaikan saksi Agus mengenai 17,5 juta DPT siluman itu tidak benar. Karena, 187 juta DPT dari hasil koordinasi dengan KPU sudah sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Menurut data kami, yang kami serahkan ke KPU, hasil koordinasi dengan KPU untuk mengsinkronkan, mencocokan DPT itu lewat NIK yang ada di kami clean and clear, dari 187 juta itu aman," ujarnya.

Maka dari itu, Tjahjo menganggap keterangan saksi yang disampaikan Agus hanya tuduhan semata seperti halnya tuduhan terhadap ASN agar kampanyekan program Presiden Joko Widodo.

"Sama seperti saya lah, dituduh bahwa perintahkan ASN mengkampanyekan program pemerintah Pak Jokowi. Program kami kan wajib," tandasnya. [wll]

Komentar

x