Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 02:40 WIB

Polri: 9 Pati Capim KPK Berpangkat Brigjen-Irjen

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 19 Juni 2019 | 21:25 WIB
Polri: 9 Pati Capim KPK Berpangkat Brigjen-Irjen
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan 9 nama anggota korps Bhayangkara yang nyalon seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK merupakan Perwira Tinggi (Pati) aktif. Mereka berpangkat Bintang satu atau Brigjen dan Bintang dua atau Irjen.

"Pati dari mulai pangkat bintang 1 sampai bintang 2 yang saat ini ikut. Cuma masih menunggu terus perkembangan, apakah bertambah. Sebagian besar adalah pati aktif yang di kepolisian," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Dedi mengatakan kesembilan nama itu pernah berkecimpung sebagai penyidik di penegakan hukum kepolisian. Nantinya, mereka akan diuji kompetensinya oleh tim internal Polri.

"Itu akan kita lihat, rekam jejak dan latar belakang yang bersangkutan. Variasi, tapi dari 9 Pati itu sebagian besar pernah jadi penyidik dan pernah berkecimpung di penegakkan hukum kepolisian," jelas Dedi.

Soal waktu seleksi internal Polri, Dedi mengaku tak tahu berapa lama. Yang jelas, sebelum batas waktu penutupan seleksi Capim KPK, Polri akan siap untuk menyodorkan nama-nama Pati terbaiknya.

"Ya kita lihat dulu, tahapan pansel KPK menutup penerimaan itu kapan. Kalo di kita, kalau sudah mendekati penutupan penerimaan itu segera diputuskan. Sekarang masih dalam penelitian, dari internal kepolisian, administrasi, rekam jejak dan kompetensi," tutur Dedi.

Diketahui, Pansel KPK akan membuka pendaftaran Calon Pimpinan KPK mulai 17 Juni - 4 Juli 2019. Nantinya, para Capim KPK akan mengikuti rangkaian test mulai dari tes kesehatan sampai test bidang ilmu pengetahuan.

Pansel KPK sendiri telah menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meminta masukan dan meminta Polri menyodorkan nama-nama terbaik untuk ikut seleksi Capim KPK. [adc]

Komentar

Embed Widget
x