Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 10:33 WIB

RI Mau Angkat Isu Sampah Plastik Laut di KTT ASEAN

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 19 Juni 2019 | 19:23 WIB
RI Mau Angkat Isu Sampah Plastik Laut di KTT ASEAN
Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir mengatakan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas isu sampah plastik laut yang diangkat dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan KTT G20.

"Itu nanti dalam bentuk dokumen, intinya juga kesepakatan agar negara-negara ASEAN memiliki sikap yang sama, kerja sama untuk memitigasi sampah plastik," kata Fachir di Kompleks Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut dia, isu mengenai sampah plastik laut perlu diangkat dalam acara KTT ASEAN di Thailand pada 20-23 Juni 2019 karena melihat negara yang lautnya besar dan Indonesia merasakan dampaknya sekarang.

"Saya enggak tahu teknis seperti itu (Indonesia mengajak untuk mengembalikan sampah kepada negara pengirimnya)," ujarnya.

Namun, Fachir juga mengatakan tidak ada pembahasan mengenai impor sampah. Karena menurut dia, hal yang menjadi fokus tentang mitigasi sampah plastik di laut.

"Belum tidak di situ (impor sampah), kita hanya lebih fokusnya bagaimana memitigasi tatanan makin banyaknya sampah plastik di laut," tandasnya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x