Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 14:16 WIB

Polri Seleksi 9 Anggota Internal Capim KPK

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 19 Juni 2019 | 16:51 WIB
Polri Seleksi 9 Anggota Internal Capim KPK
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo

INILAHCOM, Jakarta - Sembilan anggota Polri ngelamar seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK. Sebelum disodorkan ke Pansel KPK, Polri akan terlebih dahulu menyeleksi 9 nama itu secara internal.

"Mekanisme yang ada di internal Polri ada peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2015 tentang penugasan khusus anggota Polri. Penugasan khusus tersebut ada mekanisme seleksinya, seleksi internal dan seleksi administrasi dari 9 itu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Dedi mengatakan seleksi di internal Polri itu meliputi kompetensi Perwira Tinggi (Pati) yang nyalon Capim KPK. Selain itu, pengalaman tugas di bidang hukum juga jadi acuan apakah layak disodorkan ke Pansel KPK atau tidak

"Tentunya diseleksi siapa-siapa yang punya kompetensi rekam jejak, dan pengalaman tugas yang lebih kompeten di bidang hukum. Dari 9 itu tentunya dari mekanisme itu, apakah semua memenuhi syarat atau tidak, kalau 9 nya memenuhi suarat, akan dibuat surat dari polri ke pansel KPK," ucap Dedi.

Dedi enggan membeberkan 9 nama yang nyalon Capim KPK. Yang pasti, 9 nama itu merupakan Pati aktif berpangkat minimal Jenderal bintang dua atau (Irjen).

"Nama belum, karena kita masih tunggu keputusan akhir siapa siapa yang memenuhi seleksi administrasi yang telah ditetapkan internal mauapun ditetapkan oleh pansel," jelas Dedi.

Diketahui, Pansel KPK akan membuka pendaftaran Calon Pimpinan KPK mulai 17 Juni - 4 Juli 2019. Nantinya, para Capim KPK akan mengikuti rangkaian test mulai dari tes kesehatan sampai test bidang ilmu pengetahuan.

Pansel KPK sendiri telah menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meminta masukan dan meminta Polri menyodorkan nama-nama terbaik untuk ikut seleksi Capim KPK. [adc]

Komentar

x