Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 00:32 WIB

Kivlan Ngaku Difitnah, Polri Siap Beberkan Bukti

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 19 Juni 2019 | 16:04 WIB
Kivlan Ngaku Difitnah, Polri Siap Beberkan Bukti
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mayjen (Purn) Kivlan Zein yang jadi tersangka dugaan kepemilikan senjata api mengaku difitnah. Polri menegaskan mempunyai bukti-bukti untuk menjerat purnawirawan TNI tersebut.

"Kalau itu merupakan hak konstitusional dari yang bersangkutan dalam pemeriksaan silakan saja. Dalam hal ini, Polri tetap profesional melakukan proses penyidikan yang dilakukan selama ini. Polri sesuai dengan 148 KUHP dalam pembuktian, tidak hanya menggali keterangan tersangka, itu urutan kelima. Polri juga menggali alat bukti-bukti yang baik berupa keterangan saksi, keterangan saksi ahli, bukti petunjuk dan surat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Dedi mengatakan penyidik tak mempermasalahkan Kivlan Zein tidak mengakui apa yang diperbuat. Dedi menyebut pembuktian kasus ini akan dibuka dalam persidangan.

"Itu semua didalami oleh penyidik, kalau misalkan tersangka tidak mengakui perbuatannya, itu merupakan hak konstitusional yang bersangkutan. Itu nanti juga akan dibuktikan dalam proses persidangan pengadilan secara transparan, terbuka, jujur dan adil. Silakan," jelas Dedi.

Kivlan Zen sebelumnya dikonfrontasi dengan tersangka perencanaan pembunuhan Habil Marati dan saksi-saksi eksekutor pembunuhan. Kivlan mengkau difitnah dalam kasus ini.

Kivlan mengaku dirinya difitnah oleh para saksi, yang menyebut Kivlan memberikan uang sebesar USG 15 ribu ke Iwan untuk membeli senjata api ilegal. Kivlan menegaskan dirinya difitnah dalam kasus itu.

"Ya, saya difitnah, saya difitnah," kata Kivlan kepada wartawan di Polda Metro Jaya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x