Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 15:46 WIB

370 Rumah di Konawe Terbawa Arus Banjir

Rabu, 19 Juni 2019 | 15:23 WIB
370 Rumah di Konawe Terbawa Arus Banjir
(Foto: istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Ratusan kepala keluarga di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, kehilangan tempat tinggal setelah bencana banjir melanda wilayah tersebut.

Tercatat, 370 unit rumah hilang terbawa arus banjir dan sisa bangunannya sudah tidak bisa diperbaiki kembali. Adapun ratusan rumah yang hanyut itu berada di empat kecamatan diantaranya Kecamatan Wiwirano, Landawe, Oheo dan Langgikima.

Para warga terpaksa menempati posko pengungsi yang sudah disediakan serta ada juga yang tinggal bersama kerabatnya di lokasi yang lebih tinggi dan aman dari banjir.

Hingga saat ini banjir masih merendam pemukiman warga setinggi 40-60 sentimeter ditambah material lumpur yang tebal. "Warga masih harus membersihkan rumah karena digenangi lumpur," kata Kabid Humas Pemda Konawe Utara La Ode Aminuddin, Rabu (19/6/2019).

Menurut dia, pemerintah daerah telah membahas sejumlah perencanaan kegiatan dan akan diwujudkan di lokasi banjir Konawe Utara. Seperti halnya perbaikan rumah, infrastruktur dan bantuan logistik.

"Bupati membahas pembangunan hunian sementara, akan dibangun dalam waktu dekat dan segera yang akan digunakan para pengungsi untuk bisa tinggal sementara," jelasnya. [ton/rok]

Komentar

x