Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 02:27 WIB

Banjir Konawe, Gas 3 Kg Dijual Seharga Rp100 Ribu

Rabu, 19 Juni 2019 | 14:00 WIB
Banjir Konawe, Gas 3 Kg Dijual Seharga Rp100 Ribu
(Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Banjir yang melanda Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mengakibatkan sejumlah harga kebutuhan pokok melonjak naik. Seperti halnya harga gas ukuran 3 kilogram atau gas melon yang dijual seharga Rp100 ribu.

Kondisi ini terjadi lantaran akses menuju wilayah bencana tersebut sulit dilalui bahkan hampir tidak bisa dimasuki. Karena empat kecamatan sempat terisolir diantaranya Kecamatan Landawe, Langgikima, Wiwirano dan Marombo.

Tingginya harga gas ukuran 3 kilogram itu tentunya membuat warga semakin kesulitan. Padahal harga gas melon biasanya dijual seharga Rp23 ribu, dan itu sangat dibutuhkan oleh warga sebagai pengganti minyak tanah.

Kadisperindagkop Konawe Utara Muhardi Mustafa mengakui adanya kenaikan harga-harga kebutuhan pascabanjir. Tak hanya gas 3 kilogram, harga minyak, beras dan telur pun ikut naik, meski kenaikan itu tidak terlampau jauh.

Karena itu pihaknya menggelar operasi pasar untuk mengembalikan harga-harga kebutuhan pokok yang dirasa menyulitkan warga yang terkena bencana.

"Harga beras 50 kilogram juga sempat naik hingga Rp 800 ribu," ujarnya, Rabu (19/6/2019).

Ia mengaku saat ini harga-harga kebutuhan telah kembali normal setelah digelarnya operasi pasar.

"Ketika kami sudah operasi pasar namun masih ada pangkalan yang nakal memainkan harga, kami akan tindak tegas dengan sanksi," tambahnya. [ton/rok]

Komentar

x