Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 15:46 WIB

Polri Seleksi 9 Nama untuk Melamar Capim KPK

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 18 Juni 2019 | 16:13 WIB
Polri Seleksi 9 Nama untuk Melamar Capim KPK
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri telah menerima 9 perwira tinggi (Pati) yang melamar ikut seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK. Sembilan nama itu akan digodok di internal Polri terlebih dahulu sebelum nantinya memenuhi syarat atau tidak disodorkan ke Panitia Seleksi (Pansel) KPK.

"Dari SDM sudah menerima pendaftaran sembilan orang perwira tinggi Polri yang terencana akan mengikuti seleksi terbuka calon komisioner KPK. Secara internal itu nanti ada asessment untuk mengecek satu persyaratan administrasi, kedua kompetensi, ketiga persyaratan di bidang pengalaman penugasan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Dedi mengatakan dari internal Polri, nantinya Wanjakti akan memutuskan layak atau tidaknya 9 Pati Polri ini maju seleksi Capim KPK. Jika memenuhi kriteria, maka Polri akan mengajukan 9 nama tersebut ke Pansel KPK.

"Dari wanjakti itu. Kan dilihat rekam jejak yang bersangkutan. Kira-kira yang memenuhi persyaratan sesuai pansel KPK mana, ini ini ini. Kalau 9nya memenuhi persyaratan administrasi yang disampaikan pansel KPK, Monggo. Tapi kalau tidak, tentunya akan membatasi," jelas Dedi.

Dedi menjelaskan bahwa kriteria yang dicari untuk seleksi Capim KPK tak melulu harus pernah atau ahli dalam pemberantas korupsi. Hal yang penting, Pati tersebut paham akan penegakan hukum.

"Nggak. Penegakkan hukum. Tapi kalau memiliki kompetensi di bidang atau pernah menangani kasus-kasus korupsi itu jauh lebih bagus. Ada nilai plus lah. Kalau misalnya diuji, dia akan memiliki nilai tersendiri dibanding peserta lain," terang dia.

Diketahui, Pansel KPK akan membuka pendaftaran Calon Pimpinan KPK mulai 17 Juni - 4 Juli 2019. Nantinya, para Capim KPK akan mengikuti rangkaian test mulai dari tes kesehatan sampai test bidang ilmu pengetahuan.

Pansel KPK sendiri telah menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meminta masukan dan meminta Polri menyodorkan nama-nama terbaik untuk ikut seleksi Capim KPK. [adc]

Komentar

x