Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 08:06 WIB

Awas! Polisi Pantau Penyebaran Hoax Group WhatsApp

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 14 Juni 2019 | 23:13 WIB
Awas! Polisi Pantau Penyebaran Hoax Group WhatsApp
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Pengguna media sosial khususnya WhatsApp patut berhati-hati dalam menggunakan gadgetnya. Pasalnya, Polri tengah memantau akun-akun WhatsApp Group (WAG) karena diduga penyebaran hoax telah beralih ke media tersebut.

"Direktorat Siber melakukan patroli cyber ke grup-grup yang sudah terindikasi menyebarkan konten-konten hoax," ujar Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Rickynaldo, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Ricky mengatakan penyebaran hoax yang sebelumnya intens dilakukan lewat media sosial Facebook maupun Twitter kini beralih ke WAG. Polisi pun mengingatkan agar pengguna dalam WAG untuk tidak asal menyebarkan informasi.

"Memang saat ini sudah beralih dari media sosial Facebook, Twitter, Instagram, beralih kepada WA Group.Penyebarannya dapat lebih cepat WAG karenakan WAG selama ini tidak terdeteksi lah ya," imbuhnya.

Penyebaran hoax lewat WAG telah terbukti dengan penangkapan YM (32) di Depok, Jawa Barat. YM ditangkap karena menyebarkan hoax percakapan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang seolah-olah menyebut kasus dugaan makar Kivlan Zen adalah rekayasa. [adc]

Komentar

x