Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:48 WIB

Polri di KPK, Kapolri Sebut Tak Ada Kepentingan

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 13 Juni 2019 | 18:02 WIB
Polri di KPK, Kapolri Sebut Tak Ada Kepentingan
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menepis adanya kepentingan jika pimpinan KPK berasal dari Polri. Tito menyebut selama ini, anggota Polri yang bertugas di KPK tak pernah membuat masalah.

"Conflic of interest selama ini sudah banyak anggota polisi berada di KPK. KPK sejak awal berdiri juga sudah banyak anggota pendahulu yang masuk sebagai ketua, sebagai deputi, seperti Pak Heru Winarko. Kemudian sebagai Direktur penyidikan, sebagai penyidik banyak sekali di sana dan sebagian besar mereka profesional dan mereka juga selesai dalam keadaan prestasi yang baik, tidak membuat masalah," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Tito mengatakan anggota Polri yang bertugas di KPK akan mengikuti aturan main di KPK. Tito menjamin tak akan ikut campur soal anggota yang bertugas di KPK.

"Jadi sepanjang mereka sudah masuk dalam KPK mereka juga sudah terikat dengan segala peraturan-peraturan KPK, anggota Polri kita juga enggak banyak ikut campur tentang operasionalnya yang mungkin kalau masalah pembinaan karirnya," jelas Tito.

Pembinaan karir yang dimaksud Tito adalah anggota Polri yang bertugas di KPK bisa bersekolah untuk menunjang pangkat dan jabatan. Selain itu, Tito memastikan tugas, pokok dan fungsi anggota yang bekerja di KPK harus ikuti aturan main di KPK.

"Pembinaan karir mereka sudah selesai, kita tetap kembali ke Polri, kesempatan mereka sekolah, kemudian kesempatan mereka untuk dipromosi, dll, kalau bgus ya kita promosi, kalau ngga bagus ya ngga promosi, kira-kira begitu, jadi operasional sepenuhnya kalau sudah masuk ke KPK ya silahkan ikuti aturan KPK," tegas Tito.

Diketahui, Pansel KPK akan membuka pendaftaran Calon Pimpinan KPK mulai 17 Juni - 4 Juli 2019. Nantinya, para Capim KPK akan mengikuti rangkaian test mulai dari tes kesehatan sampai test bidang ilmu pengetahuan.

Pansel KPK sendiri pagi tadi telah menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meminta masukan dan meminta Polri menyodorkan nama-nama terbaik untuk ikut seleksi Capim KPK. Sebelumnya, Pansel KPK juga sudah menemui Jaksa Agung HM Prasetyo.

Komentar

x