Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:45 WIB

Tito Duga Ada yang Pegang Senjata di Luar Petugas

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 13 Juni 2019 | 13:30 WIB
Tito Duga Ada yang Pegang Senjata di Luar Petugas
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menduga ada kelompok yang menggunakan senjata api saat kerusuhan pecah di 21-22 Mei 2019. Tito mengatakan kemungkinan itu terjadi karena Polri sebelumnya menangkap para pelaku yang hendak memakai senjata api saat aksi demo tersebut.

"Kemungkinan korban ini kan ada berasal di Petamburan dimana ada asrama yang kemudian diserang, dibakar. Asrama juga kan ada keluarga di situ. Mungkin pembelaan diri atau ada pihak ketiga pihak lain yang melakukan itu. Kemungkinan itu juga sangat terbuka kenapa karena sebelum tanggal 21, Polri sudah mengungkap tiga kelompok yang miliki senjata ilegal yang berkaitan peristiwa tanggal 22," kata Tito di Monas, Jakarta, Kamis (13/6/2019(.

Tito menyebut investigasi penyebab tewasnya 9 korban kerusuhan 21-22 Mei itu masih berlangsung. Jika isu peluru tajam itu keluar dari anggota Polri di lapangan, maka penyelidikan dipastikan dilakukan.

"Kalau ternyata itu keluar dari salah satu senjata aparat maka kita akan investigasi apakah sesuai SOP. Apakah eksesksif atau pembelaan diri, pembelaan diri diatur dalam pasal 48/49," ucap Tito.

Tito mengatakan perlu pembuktian yang lebih mendalam soal ditemukannya peluru saat kerusuhan terjadi. Tito meminta publik bersabar karena penyidik masih melakukan uji balistik terhadap senjata-senjata yang diamankan.

"Saya sampaikan ini belum bisa disimpulkan karena masih dalam penelitian tim, karena harus uji balistik sejumlah senjata-senjata yang ada di TKP," terang Tito. [rok]

Komentar

x