Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:46 WIB

Kapolri Antisipasi Penyusup di Sidang Perdana

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 13 Juni 2019 | 13:17 WIB
Kapolri Antisipasi Penyusup di Sidang Perdana
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian melarang massa untuk berunjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) saat sidang perdana gugatan sengketa Pilpres digelar pada Jumat, 14 Juni besok. Meski begitu, Tito tetap mengantisipasi adanya massa 'penyusup' dalam sidang nanti.

"Tapi kita melihat bahwa kemungkinan besar tidak banyak massa yang berdatangan. Tapi seandainya ada massa yang di luar dugaan, kita sudah siap," kata Tito di Monas, Jakarta, Kamis (13/6/2019)

Tito menyebut masyarakat kini semakin dewasa belajar dari kasus kerusuhan di Bawaslu 21-22 Mei lalu. Masyarakat disebut menolak keras adanya kerusuhan dalam Pemilu 2019.

"Kita berusaha untuk melakukan pendekatan dan prinsipnya adalah kita mendengar bagaimana keinginan masyarakat yang sangat kuat dari berbagai survei yang ada dan media. Apalagi masyarakat Jakarta menolak kerusuhan dalam bentuk apapun juga. Masyarakat tidak menghendaki adanya kekerasan, apalagi yang sampai merusak," tegas Tito.

Tito menambahkan sejumlah skenario pengamana di gedung MK sudah dipersiapkan. Dia juga sudah memerintahkan jajaran di daerah untuk menyejukkan suasana agar massa tak perlu datang ke MK.

"Kita selalu menyiapkan pada kemungkinan worst skenario. Tapi kita berdoa mudah-mudahan semua berjalan lancar, percyakan kepada MK, di daerah-daerah juga sama. Pak Panglima TNI sudah melaksanakan video conference dengan jajarannya, kami pun sudah menyampaikan pada jajaran, semua juga untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang cooling down, mendinginkan, menyejukkan suasana," sambung dia.

Sidang perdana gugatan sengketa Pilpres 2019 akan digelar pada Jumat, 14 Juni 2019 atau esok hari. Capres 02 Prabowo Subianto sudah menghimbau kepada para pendukungnya untuk tidak perlu menggeruduk ke MK.

Prabowo meminta massa pendukungnya untuk mempercayai proses gugatan Pilpres 2019 ke MK. Prabowo mengaku takut jika massa datang ke MK, akan ada penyusup atau provokator-provokator. [rok]

Komentar

x