Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 21:54 WIB

Kasus Sofyan Jacob, Polisi Periksa 20 Saksi

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 13 Juni 2019 | 10:46 WIB
Kasus Sofyan Jacob, Polisi Periksa 20 Saksi
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan makar yang menjerat mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob.

"Saksi 20 orang lebih kita sudah mintakan dan kita saksi ahli pun sudah kita periksa juga di sana untuk kasus ini. Kasus makar ini sudah beberapa kami lakukan pemeriksaan," katanya di Lapangan Silang Monas, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya, Sofyan ikut permufakatan dan menyampaikan kabar dan pemberitaan belum dicek kebenarannya.

"Misalnya ada pemerintah yang kegiatan curang di sana, kemudian untuk kemenangan disampaikan juga. Tentunya yang berhak untuk menyampaikan juga pemilu adalah KPU secara UU yang sah untuk menyampaikan pemenangan," terangnya.

Penyidik tentunya mempunyai dua alat bukti yang cukup ada saksi ada tersangka yang lain. Ia pun mengaku pihaknya tengah mendalami hubungan Sofyan dengan Kivlan Zen.

"Yang bersangkutan sedang menyamapikan dimana? Ada yang di Kertanegara di sana menyampaikan pemberitanaan itu. UU penyiaran bohong ya. Yang di UU pasal 14 di UU nomor 146," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, polisi telah menetapkan mantan Kapolda Metro Jaya Komisaris Jenderal (Purn) Mochammad Sofyan Jacob sebagai tersangka pada Rabu, 29 Mei 2019. Sofyan disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana. Dia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti

Sofyan dilaporkan oleh seseorang di Bareskrim Mabes Polri. Pelapor Sofyan sama dengan pelapor Eggi Sudjana dan Kivlan Zen. Kemudian, laporan terhadap Sofyan itu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. [rok]

Komentar

x