Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 13:48 WIB

Tito Tegaskan tak Pernah sebut Kivlan Zen Dalang

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 13 Juni 2019 | 10:23 WIB
Tito Tegaskan tak Pernah sebut Kivlan Zen Dalang
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karmavian mengatakan pihaknya tak pernah menyebut Mayjen (Purn) Kivlan Zen sebagi dalang pelaku kerusuhan. Menurutnya Mabes Polri hanya menyampaikan kronologi peristiwa.

"Dimana ada dua segmen dan segmen keduanya yang disengaja untuk melakukan kerusuhan. Tak ada penyampaian pendapat langsung menyerang. Lalu ada bom molotov, itu kan dipersiapkan. Ada bom molotov, panah, parang dan mercon pasti dipersiapkan," katanya di Kawasan Monas, Rabu (13/6/2019).

Tito melanjutkan, ada juga rotan yang digunakan untuk melakukan kekerasan. Sehingga ada dugaan itu disetting.

"Tapi kami tak bilang itu Kivlan Zen, tidak. Hanya disampaikan dalam peristiwa itu ada korbam sembilan korban disamping luka-luka dari kelompok massa dan petugas. Petugas ada 237 yang terluka, sembilan terlawan rahangnya pecah," jelas Tito.

Dari sembilan korban yang tewas, ada yang karena benda tumpul. Bisa karena pukulan petugas, dilempar batu dengan lain dalam posisi tak saling kenal.

"Jadi bisa saja dia salah liat, lempar kena batu, dan jadi korban," jelas Tito.

Selain itu, yang menderita luka tembak. Tito menjelaskan memang sedikit sulit dibuktikan kecuali ada rekaman video yang jelas merekam tembakan dari mana.

"Itupun tak bisa dibedakan tembakan darimana. Apakah itu peluru karet atau tajam. Yang ditemukan ada peluru proyektil 5,56 milimeter, dan 9 milimer. Dua ini kita telusuri siapa pelaku penembakannya," tandasnya. [rok]

Komentar

x