Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:47 WIB

Banjir-Longsor Terjang 3 Kecamatan di Agam

Oleh : Aris Danu | Rabu, 12 Juni 2019 | 17:12 WIB
Banjir-Longsor Terjang 3 Kecamatan di Agam
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Hujan lebat di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat sejak Selasa (11/6/2019) sore menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Tercatat tiga kecamatan di Kabupaten Agam diterjang bencana banjir dan tanah longsor.

"Tidak ada korban jiwa akibat bencana itu, namun menimbulkan kerugian material dan sedang dihitung instansi terkait," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Wahyu Bestari di Lubukbasung, Rabu (12/6/2019).

Wahyu Bestari mengatakan, di Desa Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjungraya banjir menyebabkan air meluap ke jalan dan halaman Masjid setinggi 10-30 centimeter.

Sedangkan di Lapau Simpang, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan ada pohon tumbang menutup akses jalan.

Di Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan terjadi tanah longsor di tiga titik di jalan provinsi menghubungkan Pasaman Barat menuju Bukittinggi.

BPBD setempat telah melakukan berbagai upaya untuk membersihkan material tanah bebatuan dengan jumlah sekitar 1.000 meter kubik pada Rabu (12/6/2019) dini hari. Kini setelah membersihkan material, jalan raya sudah bisa dilalui kendaraan warga.

"Pada Rabu siang kita lanjutkan untuk pembersihan material," ujarnya.

Sementara di Jorong Malabur, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari terjadi bencana banjir merendam lima unit rumah dengan ketinggian 30-40 centimeter.

Selain itu di depan kantor camat, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari, banjir merendam delapan unit rumah dengan ketinggian 30-50 centimeter.

BPBD Agam juga telah mengerahkan mesin pompa air untuk membuang genangan air di rumah warga. Namun BPBD mengalami kendala akibat drainase buruk di sekitar permukiman warga.

"Lokasi ini merupakan rawan banjir apabila curah hujan tinggi karena pembuangan air tidak ada," tandasnya. [ton]

Komentar

x