Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 21:33 WIB

Halau Perusuh dengan Peluru Hampa, Polri: Itu SOP

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 11 Juni 2019 | 16:47 WIB
Halau Perusuh dengan Peluru Hampa, Polri: Itu SOP
Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal menjelaskan alasan aparat yang mengamankan aksi 21-22 Mei melepaskan tembakan peluru karet saat insiden kerusuhan berlangsung.

Ia mengatakan, pelepasan tembakan peluru karet merupakan standar operasional dan prosedur Polri untuk membubarkan massa jika membuat kericuhan, bila langkah persuasif tak dihiraukan.

"Sesuai SOP Polri, tentunya menghalau dan membubarkan. Dilengkapi gas air mata, water canon, peluru karet dan peluru hampa," jelasnya saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

Dirinya menyayangkan tudingan sejumlah pihak yang bernada ujaran kebencian dan memojokkan Polri dengan menyebut pelepasan peluru hampa sebagai bentuk tindakan semena-mena aparat.

"Beberapa kali, saya sampaikan di publik bahwa personil pengamanan TNI- Polri tidak dilengkapi peluru tajam. Sampai pagi harinya, kami bisa memberhentikan walaupun ada banyak kerusakan," ungkapnya.

Ia lalu menunjukkan beberapa foto-foto kerusakan akibat kerusuhan, mulai dari Asrama Polri di Petamburan, Jakarta yang dibakar hingga puluhan kendaraan yang dirusak.

"Patut diketahui publik bahwa asrama ini tidak seperti Asrama Brimob. Dia ada penjagaan, terpencil, tapi ini sangat terbuka untuk publik bahkan banyak polisi dan fungsi lain terganggu. Bahkan, ada masyarakat biaya yang tidak tahu menahu," jelasnya. [adc]

Komentar

x