Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 19:15 WIB

Bom Bunuh Diri di Kertasura Berdaya Ledak Rendah

Selasa, 4 Juni 2019 | 09:14 WIB
Bom Bunuh Diri di Kertasura Berdaya Ledak Rendah
Karo Penmas Divisi Humas Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ledakan bom bunuh diri di dekatPos pantau Tugu Kertasura, Sukoharjo, Jawa Tengah berdaya ledak rendah.

"Untuk sementara teridentifikasi (pelaku) inisialnya RA untuk jenis bomnya itu low explosive," kata Karo Penmas Divisi Humas Brigjen Dedi Prasetyo, Selasa (4/6/2019).

Dari hasil penyelidikan sementara, dari TKP dan di tubuh pelaku yang juga menjadi korban ditemukan serbuk pipa black powder. Dedi menambahkan, pelaku merupakan lone wolf. Sebelumnya Polri juga sempat mengamankan jaringan terduga teroris di Jawa Tengah.

"Beda dengan jaringan yang sudah ditangkap terlebih dahulu yang 6 jaringan yang terstruktur itu kemudian ada 41 tersangka yang yang sudah diamankan. 11 bom yang diamankan itu high explosive karena bahannya dari TATP dan senyawa kimia yang cukup berbahaya," tutur Dedi.

Namun pelaku yang masih berusia muda yang mencoba meledakkan diri itu tidak terkait dengan jaringan terduga teroris yang sudah diamankan Polri.

"Kalau ini bisa dikatakan tidak cukup berbahaya. Low explosive dan jumlahnya skalanya yang kecil," tandasnya.

Kondisi pelaku saat ini diketahui masih kritis. Usai meledakkan bom pelaku masih dalam keadaaan hidup. Petugas pun langsung membawa pelaku ke RS PKU Muhammadiyah. [fad]

Komentar

x