Find and Follow Us

Kamis, 24 Oktober 2019 | 05:25 WIB

Pemerintah Minta Warga Setop Sebarkan Berita Hoaks

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 28 Mei 2019 | 09:35 WIB
Pemerintah Minta Warga Setop Sebarkan Berita Hoaks
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara - (Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta kepada masyarakat agar berhenti menyebarkan berita yang mengandung hoaks, fitnah maupun provokasi melalui media sosial.

"Jangan lelah untuk mengimbau agar masyarakat dan teman-teman di sekitar kita berhenti menyebarkan konten yang mengandung hoaks, fitnah, maupun provokasi untuk melanggar aturan/hukum. Tentu saja harus kita mulai dari diri sendiri," kata Rudiantara lewat twitternya yang dikutip Selasa (28/5/2019).

Menurut dia, maraknya berita hoaks dapat memicu aksi massa yang berujung pada penghilangan nyawa seperti salah satunya yang menimpa Mohammad Azam di India tahun 2018.

"Padahal, ada banyak hoaks sejenis itu lalu lalang di Indonesia setiap hari, apalagi sekitar 22 Mei 2019," ujarnya.

Maka dari itu, Rudiantara menilai pembatasan akses merupakan salah satu dari alternatif-alternatif terakhir yang ditempuh seiring dengan tingkat kegentingan. Karena, pemerintah negara lain di dunia telah membuktikan efektivitasnya untuk mencegah meluasnya kerusuhan.

"Srilanka menutup FB dan WA untuk meredam dampak serangan bom gereja dan serangan anti muslim yang mengikutinya. Iran menutup FB tahun 2019 setelah pengumuman kemenangan Presiden Ahamdinejad. Banyak negara lain melakukan pembatasan dan penutupan dengan berbagai alasan," jelas dia. [rok]

Komentar

Embed Widget
x