Find and Follow Us

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 19:01 WIB

Penyeberangan Merak-Bakauheni Berlaku Ganjil-Genap

Senin, 27 Mei 2019 | 12:09 WIB
Penyeberangan Merak-Bakauheni Berlaku Ganjil-Genap
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pelabuhan Merak memberlakukan sistem ganjil-genap untuk kendaraan para pemudik yang ingin menyeberang menuju Bakauheni selama arus mudik.

Pemberlakuan sistem ganjil-genap itu dimulai pukul 20.00-08.00 WIB. Hal ini untuk menghindari kepadatan kendaraan khususnya saat puncak arus mudik yang diprediksi terjadi saat dimulainya cuti bersama.

Namun para pemudik juga tidak perlu khawatir, karena aturan nopol kendaraan ganjil-genap hanya berlaku malam hari. Sehingga para pemudik yang tidak ingin kena aturan ganjil-genap bisa tetap menyeberang pada siang hari.

"Kami ingin masyarakat bisa (tetap) mudik. Sehingga (pemudik siang dan malam) menjadi imbang," ujar Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi.

Menurut dia, jumlah pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni umumnya lebih banyak pada malam hari. Jika diberlakukan sistem ganjil-genap diharapkan jumlah pemudik yang menyeberang dapat terbagi seimbang antara siang dengan malam hari.

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana memberikan diskon atau potongan harga tiket sebesar 10 persen untuk pemudik yang menyeberang siang hari. Sedangkan untuk penyeberangan malam hari harga tiket akan dinaikkan 10 persen.

Pemberlakukan harga tiket itu masih dalam pembahasan antara stakeholder. Ia menjelaskan saat ini formulasi ketentuan soal harga tiket masih digodok.

"Nanti ada sebuah keputusan oleh Kemenhub," tandasnya. [ton/rok]

Komentar

x