Find and Follow Us

Minggu, 21 Juli 2019 | 08:14 WIB

Jokowi Minta Semua Pihak Tak Rendahkan MK

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 27 Mei 2019 | 11:39 WIB
Jokowi Minta Semua Pihak Tak Rendahkan MK
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada semua pihak untuk tidak merendahkan sebuah institusi negara termasuk Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut dia, Mahkamah Konstitusi adalah lembaga negara penjaga konstitusi yang menjadi landasan utama tegaknya negara. Bahkan, dibentuknya dalam sistem ketatanegaraan agar memiliki kepercayaan dari publik.

"Saya meminta kepada semua pihak untuk tidak merendahkan lembaga penjaga konstitusi ini," kata Jokowi lewat twitternya yang dikutip Senin (27/5/2019).

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menanggapi pernyataan Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yakni Bambang Widjodjanto (BW) yang meragukan independensi dan integritas MK.

Bahkan, BW menuding pemerintah saat ini sebagai rezim yang korup sehingga berharap Mahkamah Konstitusi tidak menjadi bagian rezim tersebut.

"Mudah-mudahan Mahkamah Konstitusi bisa menempatkan dirinya menjadi bagian penting dimana kejujuran dan keadilan harus menjadi watak dari kekuasaan dan bukan justru menjadi bagian dari satu sikap rezim yang korup," kata BW.

Sebelumnya, Tim hukum BPN Prabowo-Sandi resmi mengajukan gugatan hasil pemilu presiden 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (24/5/2019) malam.

Sejumlah lawyer yang turut hadir antara lain Denny Indrayana, Bambang Widjojanto (BW) hingga Hashim Djojohadikusumo. [rok]

Komentar

x