Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 10:57 WIB

Jelang Mudik, Kemenhub Siapkan 36 Posko di Bandara

Senin, 27 Mei 2019 | 00:13 WIB
Jelang Mudik, Kemenhub Siapkan 36 Posko di Bandara
Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti - (Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 36 posko di Bandara jelang arus mudik Lebaran 2019. Salah satu posko mudik sudah tersedia di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

"Seluruh Indonesia ada 36 bandar udara yang melayani penerbangan domestik. 7 bandara di antaranya adalah melayani penerbangan internasional," kata Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti, Minggu (26/5/2019).

Posko yang disiapkan memiliki banyak fungsi, misalnya sebagai tempat para pemudik mendapatkan pengobatan ketika sakit. Selain itu posko juga berfungsi sebagai pusat aduan dan penanganan delay pesawat.

"Tentunya kita ada di dalam posko itu salah satunya untuk penanganan apabila terjadi keterlambatan penerbangan. Perannya bandar udara dan maskapai untuk melayani dan mengatasi apabila ada delay," ujarnya.

Dalam memberikan fasilitas posko mudik, Kemenhub bekerja sama dengan beberapa instansi terkait, di antaranya Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Basarnas, kepolisian, BMKG, AirNav, dan instansi terkait lainnya.

Selain itu, Kemenhub juga melakukan pemeriksaan terkait penggunaan narkoba bagi para petugas di penerbangan, termasuk para pilot. Dalam hal ini Kemenhub menggandeng BNN.

"Ramp check itu kita mengecek kesiapan armada pesawat mulai dari semua komponen penerbangan, semuanya dicek, krunya juga dicek," jelasnya.

"Ada random check, kami bekerja sama dengan BNN kita juga melibatkan Balai Kesehatan Penerbangan untuk melakukan pengecekan," imbuhnya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x