Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 10:37 WIB

Diperiksa 11 Jam, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 24 Mei 2019 | 21:23 WIB
Diperiksa 11 Jam, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan
Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah hampir 11 jam dimintai keterangan, Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais akhirnya keluar ruang pemeriksaan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Amien dicecar 37 pertanyaan terkait kasus yang menimpa tersangka makar, Eggi Sudjana.

"37 pertanyaan pas," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (24/5/2019).

Amin mengungkapkan sebenarnya pemeriksaan 37 pertanyaan tentang kasus Eggi bisa diselasaikan hanya satu jam, namun karena para penyidik salah ketik, pemeriksaan jadi menelan waktu banyak.

"Lama sekali, ngetiknya kemudian salah ketik, sebenarnya secara verbal satu jam selesai," tuturnya.

Diketahui, Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar oleh Polda Metro Jaya. Penetapan itu berdasarkan proses gelar perkara pada 7 Mei 2019, dengan kecukupan alat bukti, seperti enam keterangan saksi, empat keterangan ahli, beberapa dokumen, petunjuk, dan kesesuaian alat bukti.

Dia dilaporkan oleh caleg PDIP, S. Dewi Ambarawati alias Dewi Tanjung ke Polda Metro Jaya atas tuduhan makar. Dewi melaporkan Eggi, berkaitan dengan beredarnya video ketika Eggi menyerukan people power dalam sebuah orasi.

Atas pernyataan itu, Eggi juga dilaporkan oleh Supriyanto, yang mengaku sebagai relawan dari Jokowi-Ma'ruf Center (Pro Jomac) ke Bareskrim Polri, Jumat, 19 April. Laporan Supriyanto teregister dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan. Terkait status tersangkanya ini, Eggi telah mengajukan permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. [adc]

Komentar

x