Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 10:25 WIB

Jokowi Ingin Bertemu Prabowo Sejukkan Suasana

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 24 Mei 2019 | 18:21 WIB
Jokowi Ingin Bertemu Prabowo Sejukkan Suasana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin membuat situasi politik menjadi sejuk dan damai sehingga sering melakukan pertemuan dengan para tokoh bangsa termasuk tokoh agama.

Antara lain mantan Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan lainnya.

Bahkan, Jokowi juga menginisiasi pertemuan dengan rivalnya calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno paska penetapan yang diumumkan resmi oleh KPU RI.

Menurut dia, tujuan melakukan pertemuan dengan berbagai elit partai politik, tokoh bangsa maupun tokoh agama untuk membuat situasi politik menjadi dingin agar masyarakat dibawah juga ikut damai.

"Ya kan dilihat baik oleh masyarakat, dilihat baik oleh rakyat, mendinginkan suasana, bahwa elite-elite politik baik-baik saja, gak ada masalah. Saya kira paling penting itu. Kalau elitnya rukun, baik-baik saja, di bawah juga kan dingin, akan sejuk," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (24/5/2019).

Memang, Jokowi belum membuat jadwal kapan untuk bertemu dengan Prabowo. Namun, sejak usai pencoblosan pemilu serentak memang beritikad baik akan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"Enggak tahu. Yang jelas, setelah coblosan sudah saya sampaikan, kita berkeinginan berinisiatif untuk bertemu, sampai sekarang belum bertemu," ujarnya. [adc]

Komentar

x