Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20:46 WIB

Polisi Temukan 2 Senpi Milik Perusuh 22 Mei

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 23 Mei 2019 | 17:42 WIB
Polisi Temukan 2 Senpi Milik Perusuh 22 Mei
Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polri menyita dua pucuk senjata api jenis Laras panjang dan Laras pendek. Dua senpi itu disita dari 3 perusuh aksi demo 22 Mei.

"Kemarin juga sudah diamankan tiga tersangka yang juga membawa 2 senpi. Yang pertama tadi senpi laras panjang, yang kedua senjata laras pendek," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Kamis (23/5/2019).

Iqbal mengatakan dari rangkaian penangkapan dan barang bukti yang disita polisi, membuktikan bahwa aksi demo 22 Mei telah ditunggangi oleh pihak tak bertanggung jawab. Kelompok ini diduga ingin menciptakan martir hingga publik pun marah terhadap pemerintah.

"Dan kelompok yang saya sebutkan tadi yang membawa senjata, kelompok yang ingin memancing kerusuhan. Mereka ingin menciptakan martir apabila ada korban sehingga terjadi kemarahan publik kepada aparat keamanan dan ini kami terus dalami kami akan terus mengejar sesuai strategi penyelidikan yang dimiliki oleh kepolisian," jelas Iqbal.

Iqbal menyebut massa aksi sedari 21 Mei dan 22 Mei sedianya berjalan dengan kondusif. Usai massa membubarkan diri dengan tertib, datang sekelompok massa cukup banyak tiba-tiba memprovokasi dengan menyerang petugas.

"Tiba-tiba muncul gelombang massa rusuh yang tanpa pemberitahuan langsung melakukan tindakan provokatif. Ini berlangsung sampai pagi, dari Sabang, Tanah Abang, pembakaran asrama polisi di Petamburan, paginya sampai ke Cideng namun alhamdulillah walaupun banyak dari kedua belah pihak jatuh korban, bisa kita kendalikan menjelang matahari terbit. Artinya dua segmen antara masa damai dan perusuh," terang Iqbal.

Insiden kerusuhan ini memakan korban. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkonfirmasi ada 8 orang meninggal dunia akibat insiden rusuh aksi demo 21-22 Mei 2019. [ton]

Komentar

x